Saturday, March 26, 2016

Penyakit Sistem Pernapasan

Kelainan dan Gangguan Pada Sistem Pernapasan

1.       Berkurangnya jumlah hemoglobin

2.       Keracunan gas CN (sianida) dan atau CO (karbon monoksida)
Keracunan gas-gas ini menggangu proses pengikatan O₂ oleh darah karena gas CO dan CN memiliki daya ikat jauh lebih tinggi terhadap hemoglobin daripada daya ikat hemoglobin terhadap O₂.

3.       Kanker paru-paru
Dapat dipicu oleh pulusi udara dan polusi asap rokok yang mengandung hidrokarbon
termasuk benzopiren.

4.       Emfisema
Terjadi karena jaringan paru-paru kehilangan elastisitas akibat gangguan jaringan elastik dan kerusakan dinding diantara alveoli.

5.       Asma
Terjadi akibat penyempitan saluran pernafasan. Asma ditandai dengan mengi ( wheezing ), batuk, dan rasa sesek dada secara berkala atau kronis. Penyempitan saluran pernapasan dapat disebabkan oleh hal berikut:
a.    sumbatan jalan napas yang sebagian reversibel
b.    radang jalan napas sehingga merusak sel epitel saluran napas
c.    reaksi yang berlebihan pada jalan napas terhadap berbagai rangsang, misalnya reaksi alergi.

6.       TBC (tuberkulosis)
TBC yang dapat mengganggu proses difusi oksigen karena timbulnya bintil-bintil kecil pada alveolus yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penderita biasanya batuk berat, yang dapat disertai batuk darah dan badan menjadi kurus.

7.       Pneumonia
Infeksi bakteri Diplococcus pneumoniae menyebabkan penyakit pneumonia

8.       Radang
Radang pada bronkus disebut  bronkitis, radang pada hidung disebut rinitis radang di sebelah atas rongga hidung disebut sinusitis, radang pada laring disebut laringitis, radang pleura disebut pleuritis.

9.       Tronsilitis


Tonsilitis adalah peradangan pada tonsil (amandel). Tonsil adalah kelompok jaringan limfoid yang terdapat di rongga mulut. Jika terjadi infeksi melalui mulut atau saluran pernapasan, tonsil dapat menyebabkan penyempitan saluran pernapasan. 

0 comments:

Post a Comment