Konsep Strategi
Pemasaran dan Bauran Pemasaran 4P (Marketing Mix)
Pengertian Strategi Pemasaran
Sebelum penjelasan lebih lanjut mungkin sebaiknya kita harus
paham dan mengerti terlebih dahulu mengenai apa itu strategi
pemasaran. Perencanaan strategi pemasaran produk memberikan
dasar bagi perusahaan untuk mengambil langkah yang efektif untuk masa yang akan
datang.
Strategi Pemasaran menurut W. Y. Stanton adalah sesuatu yang
meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan
menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial
Hal-Hal perlu dipertimbangkan
sebelum menerapkan Strategi Pemasaran Produk
Menerapkan Strategi pemasaran di awali dengan menganalisa
secara keseluruhan dari situasi perusahaan Pemasar harus melakukan Analisis SWOT (SWOT analysis), di mana ia menilai kekuatan (strengths [S]), kelemahan
(weaknesses [W]), peluang (opportunities [O]), dan ancaman (threats [T])
perusahaan secara keseluruhan.
- Kekuatan (Strengths) meliputi
kemampuan internal, sumber daya, dan faktor situasional positif yang dapat
membantu perusahaan melayani pelanggannya dan mencapai tujuannya
- Kelemahan (Weaknesses) meliputi
keterbatasan internal dan faktor situasional negatif yang dapat
menghalangi performa perusahaan
- Peluang (Opportunities)
adalah faktor atau tren yang menguntungkan pada lingkungan eksternal yang
dapat digunakan perusahaan untuk memperoleh keuntungan
- Dan ancaman (Threats) adalah faktor pada lingkungan eksternal yang tidak menguntungkan yang menghadirkan tantangan bagi performa perusahaan
Strategi Pemasaran berorientasi
menciptakan nilai tambah bagi pelanggan dan membangun hubungan relationship dengan
pelanggan
Menciptakan nilai tambah dengan memahami kebutuhan pasar
meliputi keinginan pelanggan, melakukan riset pelanggan dan pasar, menata
informasi pemasaran dan data pelanggan, membangun metode pemasaran yang
terintegrasi dan memberikan nilai tambah, membangun hubungan yang saling
menguntungkan dalam menciptakan kepuasan pelanggan
Faktor utama yang menyebabkan
terjadinya perubahan dalam Strategi Pemasaran
Dalam strategi pemasaran, ada bebarapa faktor utama yang
dapat menyebabkan terjadinya perubahan yaitu :
- · Siklus Daur hidup produk, Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
- · Tingkat persaingan perusahaan di pasar, Strategi pemasaran harus bisa disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam tingkat persaingan, apakah dalam kategori memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari ceruk pasar.
- · Keadaan ekonomi, Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi, perusahaan harus memandang ke depan dan mengembangkan strategi jangka panjang untuk memenuhi kondisi yang sedang berubah dalam industri mereka dan memastikan kelangsungan perusahaan pada jangka panjang
Langkah-Langkah Penerapan Strategi Pemasaran
Penerapan Strategi Pemasaran melalui langkah-langkah sebagai
berikut:
- Segmentasi
Pasar (Market Segmentation), adalah tindakan membagi pasar
menjadi kelompok pembeli berbeda dengan kebutuhan, karakteristik, atau
perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran
terpisah
- Penetapan
Target Pasar (Market Targeting), yaitu proses mengevaluasi
daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen
yang akan dilayani, penetapan sasaran pasar terdiri dari merancang
strategi untuk membangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat,
atau sebuah perusahaan besar mungkin memutuskan untuk menawarkan ragam
produk yang lengkap dalam melayani seluruh segmen pasarnya, sebagian besar
perusahaan memasuki pasar baru dengan melayani segmen tunggal, dan jika
hal ini terbukti berhasil, mereka menambahkan segmen
- Diferensiasi dan Posisi Pasar (Differentiation & Positioning),perusahaan harus memutuskan bagaimana mendifferensiasikan penawaran pasarnya untuk setiap segmen sasaran dan posisi apa yang ingin ditempatinya dalam segmen tersebut, posisi produk adalah tempat yang diduduki produk relatif terhadap pesaingnya dalam pikiran konsumen, pemasar ingin mengembangkan posisi pasar unik bagi produk mereka. Jika sebuah produk dianggap sama persis dengan produk lainnya di pasar, konsumen tidak mempunyai alasan untuk membelinya.
Mengembangkan Strategi Pemasaran
dan Bauran Pemasaran Terintegrasi
Setelah strategi pemasaran ditetapkan maka perusahaan
diharapkan untuk menerapkan dan merencanakan rincian bauran pemasaran (Marketing
Mix) merupakan kumpulan alat pemasaran taktis terkendali – produk, harga,
tempat, dan promosi yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang
diinginkan di pasar sasaran.
Bauran pemasaran terdiri dari semua hal yang dapat dilakukan
perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri dari "empat P" yaitu:
- Produk
(product) , kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan
perusahaan kepada pasar sasaran meliputi : ragam, kualitas, gesain. fitur,
nama merek, dan kemasan.
- Harga
(price), adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan
pelanggan untuk memperoleh produk meliputi: daftar harga, diskon potongan
harga, periode pembayaran, dan persyaratan kredit
- Tempat
(place), kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia
bagi pelanggan sasaran meliputi: Lokasi, saluran distribusi, persediaan,
transportasi dan logistik
- Promosi
(promotion) berarti aktivitas yang menyampaikan manfaat
produk dan membujuk pelanggan membelinya meliputi : Iklan dan promosi
penjualan.
Program pemasaran yang efektif harus dapat memadukan semua
elemen bauran pemasaran ke dalam suatu program pemasaran terintegrasi yang
dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan menghantarkan nilai
bagi konsumen.
Sebelum membangun dan menerapkan 4 P diatas, pemasar
sebaiknya memikirkan terlebih dahulu “empat C” seperti yang diungkapkan oleh
Ir. Fl. Titik Wijayanti, MM, dalam bukunya Marketing Plan! Perlukah Managing
Marketing Plan? yang terdiri dari:
- Solusi
Pelanggan (Customer Solution), Produk dapat membantu dan
mampu memecahkan masalah konsumen
- Biaya
Pelanggan (Customer Cost), Harga yang dibayarkan konsumen untuk
membeli produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.
- Kenyamanan
(Convenience), Produk tersebut mampu menyenangkan konsumen
karena mudah diperoleh di mana-mana
- Komunikasi
(Communication), Produsen melakukan komunikasi produk kepada
konsumen secara benar dan tepat sasaran.
Sumber Referensi: “Prinsip-prinsip Pemasaran” oleh Philip Kotler & Gary Armstrong. 2008., edisi 12. Penerbit Erlangga Jakarta
0 comments:
Post a Comment